Manna for Your Day

Penganiayaan dan Penindasan


Penganiayaan dan penindasan tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Kristus.

“Sehingga dalam jemaat-jemaat Allah kami sendiri bermegah tentang kamu karena ketabahanmu dan imanmu dalam segala penganiayaan dan penindasan yang kamu derita.”

II Tesalonika 1 : 3 – 11

Orang-orang Kristen di Tesalonika mengalami penganiayaan dan penindasan sejak Paulus dan Silas datang memberitakan Injil di sana. Ketika itu, orang-orang Yahudi menjadi iri hati melihat sejumlah besar orang Yunani yang menjadi percaya kepada Yesus dan dengan dibantu oleh beberapa penjahat dari antara petualang-petualang di pasar, mereka mengadakan keributan, mengacau kota dan berupaya menghadapkan Paulus dan Silas kepada sidang rakyat. (Kisah 17:4-5). Rupanya, ketabahan dan iman mereka di tengah-tengah penganiayaan dan penindasan telah menjadi kemegahan Paulus dan gereja-geraja Tuhan. Kemegahan seperti ini juga dituliskannya kepada orang percaya di Roma. Ia bermegah dalam kesengsaraan karena menurutnya kesengsaraan menimbulkan ketekunan dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan (Roma 5:3-4). Jelaslah bahwa peganiayaan dan penindasan justru menghasilkan karakter yang kuat.

Penganiayaan dan penindasan juga merupakan ujian sejauh mana benih firman Tuhan bertumbuh dalam hidup orang percaya. Dalam perumpamaan tentang penabur, Yesus menjelaskan bahwa benih yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu, ialah orang-orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira, tetapi mereka tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila kemudian datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, mereka segera murtad. (Mark.4:16-17) Seperti apakah tanah kehidupan saudara? Apakah saudara merupakan tanah yang subur bagi firman Tuhan bertumbuh dan berlipat ganda?

Upaya dan bantuan hukum untuk membebaskan gereja Tuhan di Indonesia dari penganiayaan dan penindasan merupakan suatu langkah yang patut kita hargai akan tetapi kesadaran bahwa penganiayaan dan penindasan adalah salib yang harus dipikul, mutlak kita miliki. Penganiayaan dan penindasan tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Kristus. (Roma 8:35).

Inspirasi: Penganiayaan dan penindasan tidak akan pernah mampu menghentikan pertumbuhan gereja.

Moment of Inspiration.

  


View count: 1922 views



2 Responses to “Penganiayaan dan Penindasan”

  • pirma marpaung

    TUHAN YESUS tolong saya TUHAN untuk senantiasa sabar,tabah dan kuat mengahadapi cobaan,rintangan,tantangan,godard iblis. Kasihi I Aku YESUS .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>