Manna for Your Day

Memberi Sedekah


“Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

“Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.” 

Matius 6:1-4

Yesus mengajar para murid-Nya untuk melakukan tiga kewajiban agama yaitu memberi sedekah, berdoa dan berpuasa. Memberi sedekah bukanlah suatu pemberian sukarela dalam arti seseorang punya pilihan untuk tidak melakukannya. Dalam bahasa Ibrani, kata “tzedakah” (sedekah) berakar pada arti kebenaran, keadilan atau kewajaran. Jadi, memberi sedekah bagi orang Yahudi secara sederhana merupakan tindakan keadilan dan kebenaran untuk memberikan sesuatu yang dibutuhkannya oleh orang miskin.

Yesus berkata: “Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi.” Fokus dari kalimat ini bukanlah pada perintah untuk memberikan sedekah itu oleh karena para murid telah mengetahuinya akan tetapi pada bagaimana sedekah diberikan yaitu dengan cara tersembunyi. Yesus mengarahkan dan mengingatkan para murid untuk tidak memberi sedekah dalam kemunafikan dan dengan mempertontonkannya kepada banyak orang. Dengan kata lain, memberi sedekah perlu dilakukan dengan motif yang benar.

Ada dua macam upah karena memberi sedekah. Upah yang pertama adalah pujian dari manusia. Upah yang kedua adalah pujian dari Bapa di sorga. Orang yang memberi sedekah dengan mencanangkannya agar dipuji orang akan menerima upah yang fana di dunia ini. Orang seperti ini tidak akan lagi menerima upahnya di sorga. Sebaliknya, orang yang tidak mencari pujian manusia atas sedekahnya, akan mendapat pujian di sorga yang kekal.

Kita tidak akan menjadi miskin ketika kita memberi sedekah. Kita justru akan lebih diberkati ketika kita memberi. Dorkas dari Yope dan Kornelius dari Kaisaria adalah dua tokoh Alkitab yang banyak memberi sedekah dan sebagai akibatnya Tuhan memberkati mereka. Karena itu, marilah kita berbagi berkat dengan banyak orang sekitar kita yang berkekurangan dan yang miskin.

Inspirasi: Bapa di sorga akan memberkati ketika saudara memberi sedekah kepada orang lain untuk kemuliaan-Nya.

Moment of Inspiration.

  


View count: 2744 views



6 Responses to “Memberi Sedekah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>