Manna for Your Day

Doanya adalah Kekejian


Berdoa dengan penuh kemarahan agar Tuhan menghukum orang-orang yang mereka benci.

Amsal  1 : 20-33 ; 28:9

Siapa memalingkan telinganya untuk tidak mendengarkan hukum, juga doanya adalah kekejian. (Amsal 28:9)

Pada suatu saat ada jemaat yang berdoa dengan penuh kemarahan agar Tuhan menghukum orang-orang yang mereka benci. Namun Allah tidak mendengarkan doa dalam kebencian, justru setan dapat mengambil kesempatan dengan merangkai peristiwa yang seakan-akan mengaminkan doa mereka dengan mencelakakan orang-orang tersebut.

Ayat renungan hari ini memberikan sebuah perspektif doa dalam keadilan Allah. Namun konsepnya bukan Tuhan bereaksi pada aksi manusia karena Tuhan Allah telah memberikan hukum-hukum dan peraturan-Nya kepada manusia. Matthew Henry memberi ulasan pada ayat ini, bahwa jika kita menolak hukum-hukum Allah maka keadilan Allah menuntut-Nya untuk tidak menjawab bahkan menganggap keji doa-doa kita. Prinsip ini sangat jelas dan adil. Sekarang yang menjadi perenungan kita adalah seberapa dalam kita “menolak hukum-hukum Allah itu sehingga doa kita menjadi kekejian? Dalam kasih-Nya, Tuhan memberikan firman-Nya berupa Alkitab yang sangat lengkap dalam bebagai terjemahan bahasa. Sangat banyak bagian firman yang sudah sangat jelas dan praktis. Meskipun menggali sedalam mungkin dengan bahasa asli dan konteksnya itu boleh dan berguna untuk menemukan prinsip-prinsip besar.

Sebagai contoh, “Bersukacitalah senantiasa, mengucap syukurlah dalam segala hal, tekunlah berdoa, jangan berzinah, jangan mencuri, dll” adalah bagian firman yang applicable dan praktis. Justru hal-hal sederhana ini yang membuat kita sering jatuh dan gagal. Sementara itu ketika kita tidak mentaatinya kita justru “menuntut” pada Tuhan agar semua doa kita dijawab, taken for granted!

Nats ini mengajar kita berdoa dengan tanggung jawab dalam kerendahan hati. Doa kita pasti didengar-Nya, namun kita bukan memerintahkan Allah menuruti kita. Kitalah yang harus mentaati, menuruti, dan melayani-Nya. Ketika kita membutuhkan kekuatan untuk mentaati-Nya, maka Allah menuntun kita untuk tunduk pada kedaulatan-Nya.

Motivasi: Marilah kita berdoa dengan hati yang suci sesuai dengan firman Tuhan, bukan dengan kebencian.

Moment of Inspiration.

  


View count: 2252 views



One Response to “Doanya adalah Kekejian”

  • Farrytogas

    Dgn Doa maka kita dapat memahami rencana Tuhan dlm hidup kita , karena Doa adalah nafas hidup orang benar……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>